Selasa, 13 April 2010

Cara Blogger Profesional dalam Menghasilkan Uang Melalui Internet

Untuk membekali murid-murid Asian Brain dalam menghadapi Tantangan 120 hari berpenghasilan $100/ hari, kemarin video training #6 dari Bu Guru Anne Ahira dengan topik Mencari dan Membuat Konten Unik sudah bisa didownload. Video yang sangat menarik. Video tersebut menunjukkan cara smart dalam membuat artikel dengan konten orang lain agar tampak unik di mata search engine. Hal ini terutama untuk artikel bahasa Inggris, karena banyak sekali orang Indonesia memiliki kendala kalau disuruh menulis sendiri artikel berbahasa Inggris (termasuk saya nih).

Selain itu video training #7 Cara melakukan Postingan "yang benar" juga sudah hadir. Video ini sangat menarik karena menunjukkan isi "dapur" Wordpress yang Bu Guru Ahira gunakan untuk tantangan 120 hari. Wah melihat cara Bu Guru Ahira mempersiapkan pembuatan website dan melakukan langkah-langkah dalam posting artikel membuat saya terkagum-kagum. Ternyata tidak hanya riset awal yang mendalam yang dilakukan, persiapan konten baik berupa artikel maupun foto yang mendukung pun dilakukan dengan sangat matang. Wah salut banget deh.

Bu Guru Ahira benar-benar sosok yang terorganisir. Kerjanya step by step dan sungguh rapi , terstruktur. Asalkan kita mau, tekun dalam belajar, percaya pada Bu Guru dan pada kemampuan diri sendiri, mau mengikuti instruksi yang diberikan, kita dapat meniru kerberhasilan Bu Guru Ahira. Sudah ada panduan yang tinggal kita ikuti.

Dalam tujuan membantu kemajuan Internet Marketing Indonesia dan mempercepat terjadinya gerakan revolusi eBisnis di Indonesia, Bu Guru Ahira tidak setengah-setengah dalam membagikan ilmunya. Tantangan kali ini saya rasakan sangat berbobot, berkualitas tinggi. Dapat diikuti baik oleh pemula maupun tingkat lanjut. Jarang banget ada guru yang mau sebegitu terbukanya membeberkan rahasia suksesnya, memberi contoh langkah demi langkah untuk mencapai keberhasilan.

Namun bila Anda mengharapkan dalam hitungan hari langsung mendapatkan penghasilan $100/hari, Anda mungkin akan mengalami kekecewaan. Tantangan ini dibuat menjadi 120 hari atau 4 bulan karena ternyata ada prinsip dasar yang dilakukan hampir semua blogger / internet marketer profesional. Hal ini pernah saya ulas di artikel Kunci Sukses Blogger Profesional.

Artikel Kunci Sukses Blogger Profesional saya tulis setelah membaca ebook gratis dari Blogguebo, Pilar CTPM: Kunci Monetisasi Blog. Di artikel tersebut ada paragraf yang menjelaskan para blogger profesional dalam membuat blog tidak langsung menawarkan produk mereka.
Yang dilakukan kelihatannya hanya memberi dan memberi. Melayani pengunjung blog dengan baik, menjawab pertanyaan dengan profesional. Setelah mendapat kepercayaan dan kredibilitas, setelah kemampuan mereka diakui oleh banyak pihak, baru mereka melakukan pre-selling. Nah karena dasar yang mereka bangun sudah kuat, proses selanjutnya menjadi mudah. Apabila mereka launching produk baru, pasar langsung merespon positif, produk laku keras.

Hal ini juga yang akan dilakukan di tantangan 120 hari. Bila kita ingin hasil yang berkesinambungan, memiliki passive income dari bisnis internet marketing, maka kita harus melalui suatu proses yang tidak instan. Kita perlu meniru langkah para blogger profesional, memperkokoh pondasi kita agar tak mudah goyah dan tidak mudah dikalahkan oleh pesaing.

Hal ini tentunya berbeda sekali dengan blogger pemula yang menginginkan hasil instan. Hal pertama yang saya incar setelah selesai membuat blog adalah program penghasil uang apa yang bisa saya pajang di blog. Bahkan 2 artikel pertama saya isinya mempromosikan program affiliate yang saya ikuti :). Sungguh suatu ironi. Padahal sudah jelas-jelas di materi bulan pertama Bu Guru Ahira mengajarkan untuk sabar, mengajari prosesnya step by step, tapi entah kenapa baru akhir-akhir ini mata dan pikiran saya mulai terbuka.

Sekarang coba pikirkan, manakah yang menurut Anda akan lebih berhasil:
1. Anda didatangi oleh sales yang langsung menawarkan produk. Anda sama sekali belum mengenal sales tersebut. Apakah Anda akan langsung percaya padanya dan membeli produknya?
2. Anda memiliki sahabat yang selalu membantu saat Anda sedih, setia menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda, mendampingi saat sedih maupun bahagia. Suatu saat sahabat Anda menawarkan produk yang sama persis dengan yang ditawarkan oleh sales tadi, apa yang akan terjadi?

Akankah Anda membeli dari sales yang menawarkannya terlebih dahulu tapi tidak Anda kenal? Atau Anda memilih membeli dari sahabat Anda karena Anda percaya sahabat tersebut tidak akan menipu Anda?

Dari berlangganan beberapa newletter gratis, saya mempelajari kalau sebagian besar profesional melakukan pendekatan memberi dan memberi terlebih dahulu. Mereka menjalin hubungan baik dengan para customernya. Setelah berjalan beberapa waktu baru mulai ada penawaran produk, tapi sifatnya tidak memaksa. Saat pertama kali menerima penawaran produk dari suatu keanggotaan newsletter gratis , kecurigaan saya timbul. Oh ternyata ada udang di balik batu ya (karena saat itu saya tidak yakin masa sih informasi sebagus ini diberikan gratis). Tapi ternyata saya salah. Newsletter gratis tetap hadir secara berkala, seringkali beberapa newsletter gratis diselilingi sebuah penawaran, diskon khusus anggota newsletter, dsb.

Belakangan saya baru tahu, ternyata newsletter ini suatu teknik yang ampuh untuk mengumpulkan kontak pelanggan. Dengan prinsip memberi informasi yang dibutuhkan pembaca atau pelanggan newsletter tersebut, mereka menempatkan diri menjadi seorang ahli di bidangnya. Pelanggan newsletter pada akhirnya akan merasa percaya akan kemampuan dan ketulusan hati pemberi informasi. Saat itulah penawaran produk akan menjadi mudah.

Kini saatnya para blogger pemula mulai berbenah diri. Seringkali mental ingin cepat kaya, mindset yang salah, membuat kita salah langkah. Saya ingin mencoba mengikuti tantangan 120 hari dari Guru saya Anne Ahira. Mencoba menyelami lebih dalam pemikiran dan tindakan internet marketer dan blogger profesional. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai tanntangan 120 hari, bisa membaca artikel Persiapan Tantangan 120 hari Anne Ahira Asian Brain. Semoga kita semua bisa belajar dari kesalahan dan menjadi blogger profesional juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar